Ferrari SP48 Unica adalah model terbaru dari merek Kuda Jingkrak. Model ini hanya diproduksi sekali di seluruh dunia atas nama pelanggan khusus.

SP48 Unica diluncurkan pada Senin (5/9/2022), demikian keterangan resmi Ferrari. Pelanggan setia yang tidak disebutkan namanya, “Sultan” Ferrari, memesan mobil tersebut secara khusus.

SP48 Unica adalah mobil sport dua tempat duduk berdasarkan Ferrari F8 Tributo. Model ini dirancang oleh Ferrari Styling Center yang dipimpin oleh Chief Design Officer Flavio Manzoni.

Proyek khusus satu kali Ferrari itu sendiri berlangsung rata-rata satu tahun. Dari awal hingga akhir proses, pelanggan tertentu yang memesannya terlibat aktif dalam tahap evaluasi dan verifikasi desain.

Juga, salah satu dari banyak perbedaan antara SP48 Unica dan F8 Tributo adalah perubahan profil fairing depan, yang terinspirasi oleh bentuk panah. Antara lain, hal ini mengakibatkan desain ulang lampu depan dan relokasi saluran masuk udara rem.

Garis bodi telah didesain ulang agar tampil lebih percaya diri dan agresif.

Begitu pula dengan desain ulang berbagai area eksterior seperti gril radiator, lampu depan, air intake di kap depan hingga transisi warna di beberapa area bodi (atap, jendela, cover mesin) yang merupakan ubahan dari Schwarigna.

Perubahan lainnya termasuk ukuran jendela samping yang telah diperkecil, jendela belakang telah dihilangkan, ukuran intake air cooler di belakang jendela samping telah diperkecil, dan letak beberapa “Gesileses” antara SP48 Unica dan Tributo F8.

Desain dinamis fluida termal dari Unica SP48 dilakukan melalui teknik pemodelan parametrik prosedural dan pembuatan prototipe tiga dimensi.

Jarak sumbu roda belakang hingga bumper belakang SP48 Unica lebih panjang dibandingkan F8 Tributo. Bahkan, downforce alias downforce mobil menjadi lebih baik.

Misalnya, beralih ke kabin, Anda bisa melihat jok serta berbagai sisi interior SP48 Unica yang menggunakan kulit Alcantara hitam dan dibuat dengan teknik laser perforasi.

Di bawah ini adalah bahan aksen oranye kemerahan yang cocok dengan warna bodi.

Ada juga penutup kusen yang diembos dengan pola heksagonal menggunakan teknologi laser perforasi. Kabin serat karbon matte dilengkapi dengan aksen Grigio Canna di Fucile, memberikan nuansa halus dan eksklusif.

Tidak disebutkan sektor kemiringan dapur yang dimodifikasi. Seperti F8 Tributo, SP48 Unica dibekali mesin V8 twin-power 3.9 liter yang menghasilkan 710 hp dan torsi 770 Nm.