PT Hyundai Motors Indonesia meluncurkan mobil listrik mid-size IONIQ 5 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 hari ini, Kamis (31/3/2022).

Kehadiran IONIQ 5 merupakan terobosan baru dan langkah bersejarah bagi industri otomotif tanah air, karena merupakan kendaraan listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) pertama yang diproduksi massal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Indonesia. Cikarang, Jawa Barat.

IONIQ 5 mengusung desain futuristik dengan bahan ramah lingkungan dan merupakan mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Platform ini dikatakan memiliki banyak keunggulan yang dirancang khusus untuk model kendaraan BEV.

SungJong Ha, Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia, mengatakan: “Kami sangat gembira karena hari ini Hyundai mempersembahkan satu lagi kebanggaan sebagai bagian dari transformasi industri otomotif Indonesia. Dengan IONIQ 5, Hyundai menunjukkan komitmennya dalam membangun mobilitas masa depan sehingga Indonesia dapat menjadi salah satu pemain utama di dunia.”

“IONIQ 5 memiliki semua keunggulan yang selalu diinginkan masyarakat Indonesia, seperti desain yang tak lekang oleh waktu, teknologi terkini, dan kenyamanan maksimal. Produk ini akan menjadi mobil listrik yang paling cocok dan bisa menjadi kebanggaan Indonesia,” tambah Ha.

Menurut Ha, IONIQ membuat kesan yang lebih dewasa dengan menawarkan berbagai pengalaman berkendara. IONIQ 5 juga merupakan langkah strategis Hyundai untuk menyambut kebijakan pemerintah Indonesia dalam mengembangkan industri kendaraan listrik.

“IONIQ 5 ini menawarkan prinsip gaya hidup berkelanjutan dan pengalaman tanpa batas. Mobil listrik ini mengusung elemen yang membawa ekosistem kendaraan listrik di Indonesia ke level yang lebih tinggi lagi, salah satunya dengan hadirnya E-GMP yang memungkinkan pelanggan mendapatkan kenyamanan dan dukungan teknologi terbaik untuk menjadikan petualangan mereka lebih kualitatif dan bermakna. ,” tambah Ha.

Melalui platform E-GMP

Menurut rilis resmi Hyundai, platform E-GMP menawarkan berbagai manfaat antara lain peningkatan fleksibilitas, performa berkendara yang tangguh, peningkatan performa berkendara, peningkatan fitur keselamatan, dan lebih banyak ruang interior yang dapat digunakan untuk penumpang dan bagasi.

Selain itu, E-GMP dikembangkan untuk mengoptimalkan performa menikung dan memaksimalkan stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi.

Ini diperlukan untuk distribusi bobot depan-belakang, yang memungkinkan pusat gravitasi rendah karena baterai yang dipasang rendah, dan untuk mengakomodasi motor listrik di ruang yang sebelumnya ditempati oleh mesin.

Platform mengamankan baterai dengan struktur pendukung yang terbuat dari baja berkekuatan sangat tinggi. Komponen baja panas yang mengelilingi struktur juga memberikan kekakuan tambahan.

Dengan dukungan sisi bodi dan sasis di bagian penyerap energi, jalur beban energi yang efektif, dan bagian tengah kemasan baterai yang dekat dengan bodi kendaraan, energi kinetik dapat diserap secara efisien saat terjadi tabrakan.