Ken Block dikabarkan meninggal dunia, Selasa (3/1/2023) karena kecelakaan setelah berkendara dengan snowmobile. Persona dengan nama lengkap Kenneth Paul Block ini dikenal sebagai seorang pereli, stuntman driver, serta pelaku sosial media otomotif ternama dari Amerika Serikat.

Block juga merupakan pecinta otomotif yang sudah menjadi kegemarannya sejak masa muda. Mobil-mobilnya eksentrik dengan mesin bertenaga besar untuk kebutuhan show yang disebut Gymkhana. Ini adalah salah satu show di platform YouTube paling banyak digemari berkat trik-trik berkendara ekstrem dan juga kemampuan pengendalian kendaraan mumpuni yang diperlihatkan Block bersama tim Hoonigan.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Berikut daftar kendaraan Ken Block yang ikonik dan menjadi perbincangan di dunia otomotif.

1.Ford Fiesta ST RX43 2015

Ini menjadi salah satu mobil ikonik Ken Block lewat acara Gymkhana. Model ini dibawah Block untuk berkeliling area-area sulit namun dengan kepiawaiannya bisa melewati beragam rintangan yang dibuat. Menggunakan basis Ford Fiesta ST, mobil ini dimodifikasi dan mesinnya mampu menghasilkan tenaga hingga 650 tk dan disalurkan ke empat rodanya.

Block sempat menggunakan Fiesta edisi sporty ini pada beberapa rangkaian gymkhana seperti di Dubai, dan seri Amerika tepatnya saat Block memacu mobilnya di kota San Fransisco. Tampilannya ikonik karena hatchback ini hadir dengan body kit berukuran besar untuk membelah angin. Speknya pun dibuat sama dengan mobil yang Block gunakan di kejuaraan dunia reli.

2. Ford Cosworth aka Cossie V2

Model ini menggunakan basis Ford Cosworth. Hoonigan membuat modifikasi spesial untuk sang pendiri dengan menghadirkan desain reli ikonik dan bodi kit mengotak dan bekerja sama dengan digital artis Ash Thorp. Mesinnya menggunakan mesin konvensional pembakaran dalam 2.5 L DOHC 16 katup empat silinder keluaran Millington Diamond Series II. Mesin dengan berat hanya 83 kilogram ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 371 tk. Mobil ini juga menggunakan sequential gearbox Sadev enam percepatan untuk sisi realibilitas.

Model ini dipersiapkan untuk tur dunia Cossie pada 2019 lalu dan digunakan untuk konten di halaman Youtube Hoonigan. Block juga menggandeng desainer Troy Lee yang dikenal dengan sentuhan seni di bidang otomotif.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

3.Ford Mustang RTR Hoonicorn

Ken Block sudah lama menginginkan model Ford Mustang ini hadir di kendaraan spesialnya. Pada model terakhir, Versi kedua alias V2, bahkan mampu menghasilkan tenaga sebesar 1.400 tk. Tenaga ini hadir dari mesin 6.7 L Roush Yates V8 twin turbo. Ini menjadi salah satu model kendaraan Ken Block yang ikonik. Beberapa kali model kendaraan ini digunakan pada seri gymkhana di Los Angeles dan Detroit. Beberapa kali model ini juga hadir di kompetisi dan acara otomotif ikonik seperti Goodwood Festival dan Pikes Peak.

4.Ford F-150 Hoonitruck

Ide modifikasi ini terinspirasi dari Mustang Hoonicorn. Basisnya menggunakan Ford F-150 keluaran 1977. Desain luarnya masih terlihat mengotak dengan logo Monster Energy berukuran besar. Fender di sisi sampingnya membuat bentuknya lebih kekar. Soal mesinnya, Hoonigan bekerja sama dengan Detroit Speed, rumah modifikasi asal North Carolina yang dikenal dengan modifikasi balapnya. Di balik kap mesinnya menggunakan mesin 3.5L EcoBoost V6 berbahan aluminium. Dukungan dari Ford Performance dan Roush Yates, mesin ini menggunakan turbo dan menghasilkan tenaga hingga 914 tk. Model ini sempat digunakan beraksi di gymkhana Texas dan di China.

5.Audi S1 Hoonitron

Ini adalah mobil terakhir Ken Block. Setelah belasan tahun bekerja bersama Ford, Audi menggantikan posisinya untuk menghadirkan model kendaraan sport ekstrem. Menariknya, Block memulai era kendaraan listrik yang bisa diajak bermain-main di area terbatas. Hoonigan pun mengubah nama gymkhana menjadi electrickhana. Mulanya mobil ini akan digunakan untuk mencatat rekor pada kompetisi Pikes Peak. Modifikasinya mengikuti persyaratan FIA dengan tenaga sebesar 1.400 tk hadir dari dua motor listriknya di roda depan dan belakang. Spesifikasinya ini sama dengan yang digunakan pada Formula E. Mobil ini menghabiskan dana 12 juta dollar AS untuk pengembangannya.