Dealer Honda yang menjadi tersangka kasus penipuan konsumen akhirnya ditangkap. Tersangka, M. Ruhan, ditangkap di persembunyiannya di Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat. Ia ditangkap polisi pada Minggu (24 April).
Pada Minggu, 24 April 2022, tersangka kasus penipuan dan penggelapan yang mengatasnamakan Muh Ruhan ditangkap dan ditahan,” kata Direktur Reserse Kriminal MetroNews Jakarta Selatan Ridwan Soplanit, seperti dilansir detik.

M Ruhan diketahui telah melakukan penipuan terhadap calon konsumen di diler Honda MT Haryono di Jakarta. Korbannya, Yunita, ditipu dan uang Rp 47 juta dibawa kabur.

Yunita membeli unit Brio Tipe E, yang penjualannya menjanjikan upgrade ke Tipe RS dengan penambahan body kit dan sebagainya. akun disetujui. Dia percaya pada skenario yang dibuat penjual karena transaksi dilakukan di dealer yang tersedia dan dengan penjual berseragam lengkap.

Namun, transaksi dilakukan dengan mentransfer uang ke rekening pribadi. Sayangnya, DP yang ditransfer ke akun pribadi dicuri oleh orang-orang ini.

Sekarang Yunita mengatakan kasusnya sudah selesai. Ia pun bersyukur para pelaku penipuan berhasil ditangkap.

Kasus saya ditutup, sebenarnya, ketika Honda memberi saya kompensasi atas uang saya pada tanggal 8 April. Dan lusa (pelakunya) tertangkap. Jadi ya harus selesai, semoga dia mendapat hukuman yang setimpal,” kata Yunita kepada AFP, Selasa (26/4/2022).

“Tanggal 8 April ganti rugi (ganti rugi oleh Honda) di depan Polres Jakarta Selatan sebagian, saya tandatangani perjanjiannya. Jadi bentuk santunan itikad baik Honda,” kata Yunita.

Dalam kasus ini, Yunita mentransfer sejumlah 47 juta rupee ke rekening pribadi. Ia pun melakukan pembayaran sebesar Rp 134 juta ke rekening resmi dealer Honda. Menurut Yunita, semua uang yang ditransfer sudah dikembalikan.

Menurutnya, selain Yunita, banyak juga korban yang melaporkan kasus dugaan penipuan tersebut ke polisi. Beruntung, pelaku langsung ditangkap, sehingga tidak ada korban lagi.