Toyota baru saja memperkenalkan produk Supra Gazoo Racing (GR) dengan peningkatan performa dan pilihan transmisi manual. Opsi transmisi ini sebelumnya merupakan mimpi yang menjadi kenyataan bagi para penggemar mobil sport ikonik tersebut, setelah sebelumnya hanya menawarkan varian transmisi CVT.

Rencananya, Toyota akan menawarkan produk baru ini di Jepang pada musim panas mendatang. Diperkirakan transmisi manual GR Supra akan mulai dikirimkan ke konsumen pada musim gugur 2022.

Kehadiran model girboks manual ini dimaksudkan untuk menjawab para penggemar setia Supra dan berharap model ini akan menjadi mobil yang bisa dinikmati di jalan umum dan sirkuit. Toyota akhirnya melakukan beberapa perbaikan, menambahkan opsi transmisi manual yang sudah ditunggu-tunggu penggemar Supra sejak kedatangannya. Transmisi manual ini ditawarkan dalam peralatan RZ.

Beberapa peningkatan termasuk Adaptive Variable Suspension (AVS), yang kini menerima perubahan karakter peredam kejut, sehingga mampu mengemudi lebih nyaman dan seimbang. Perubahan pada bushing stabilizer juga dilakukan untuk respons kemudi. Sistem kontrol sasis juga diperbarui untuk menawarkan rasa kontrol yang lebih baik secara keseluruhan, bahkan selama berkendara di sirkuit yang ekstrem.

Toyota melakukan pengembangan khusus pada transmisi manual untuk menjaga kenikmatan berkendara dengan mesin yang bertenaga. Gearbox manual enam kecepatan ini dilengkapi dengan tombol shift berbentuk bola yang mudah digenggam dan dapat diandalkan untuk dioperasikan dari berbagai sudut. Sebagai pemanis, ditambahkan logo GR untuk kesan sporty yang lebih kental.

Transmisi manual ini juga di-tweak dengan sentuhan komputer yang dapat menyesuaikan perpindahan ke RPM mesin saat pengemudi memindahkan gigi. Alhasil, perubahan akselerasi saat dibutuhkan di sirkuit menjadi lebih mulus dan nyaman bagi pengemudi.

Tak hanya performa, Toyota juga melakukan tweak pada perangkat audio di dalam kabin untuk menghadirkan kegembiraan saat pedal akselerator diinjak saat berakselerasi. Terkait perangkat suara ini, Toyota bekerja sama dengan JBL Sound System untuk menghadirkan pengalaman hiburan yang lebih baik.

Selain itu, Toyota memasok desain pelek 19 inci baru untuk trim RZ. Pelek ini dibuat menggunakan teknologi forging dengan bahan aluminium yang dibuat lebih ringan dan stabil. Toyota mengklaim bahwa pelek ini lebih ringan 1,2 kilogram, yang mempengaruhi kenyamanan berkendara serta kontrol yang lebih stabil. Catnya menggunakan titanium dark silver premium untuk menciptakan citra mobil sport premium.

Pembaruan lain menyangkut opsi warna. GR Supra baru mendapatkan pilihan metalik Volcano Ash Grey, Dusk Blue metalik untuk semua trim dan Avalanche White metallic matte khusus untuk trim RZ. Interior tersedia dalam warna cokelat, yang dapat dipesan sebagai opsi untuk trim RZ. Perbedaan fisik utama adalah jenis huruf Supra, yang sekarang dicat merah.

Khusus di pasar AS, transmisi manual enam percepatan baru ini akan tersedia di hampir semua varian GR Supra. Pengecualian adalah varian 2.000 cc turbo 4 silinder, karena hanya varian 3.000 cc 6 silinder dengan 382 hp dan torsi 497 Nm yang mendapatkan gearbox manual.

Tidak ada bocoran harga resmi dari Toyota. Namun melihat harga yang tertera untuk varian RZ alias paling tinggi dengan banderol 7,3 juta yen Jepang alias sekitar Rp 830 juta, kemungkinan varian tersebut berkabel. Tentunya dengan pembaruan dan penawaran transmisi manual ini, GR Supra semakin memposisikan diri sebagai mobil sport premium Toyota yang memenuhi kebutuhan penggunanya untuk penggunaan sehari-hari dan di lintasan.